Rabu, 20 Maret 2013

Materi PKN Tentang Demokrasi Kelas 8 Semester 2

Hallo semua... hari ini saya akan mempostingkan sedikit tentang PKn alias Pendidikan Kewarganegaraan. Dan saya akan membahas tentang materi kelas 2, yaitu tentang Demokrasi.

Demokrasi adalah pemerintahan yang dari rakyat (of the people), oleh rakyat (by the people), dan untuk rakyat (for the people). Pendapat ini dikemukakan oleh Abraham Lincoln. Secara etimologi, demokrasi terdiri atas 2 kata yang berasal dari bahasa Latin, yaitu demos (rakyat) dan cratos (pemerintahan).

Demokrasi ada 2 jenis, yaitu:
1. Demokrasi langsung, yaitu demokrasi yang diatur secara langsung oleh rakyat. Cara ini pernah dilakukan oleh bangsa Yunani Kuno. Kelemahannya adalah, pemerintahannya menjadi lebih sulit karena semua rakyat harus berkumpul dan memberikan pendapat.
2. Demokrasi tak langsung, yaitu demokrasi yang menggunakan wakil rakyat sebagai aspirasi rakyat.

Demokrasi ada beberapa macam, yaitu:
1. Demokrasi Liberal/Parlementer, yaitu di mana kekuasaan eksekutif diserahkan kepada badan yang disebut dewan menteri dan bertanggung jawab pada parlemen.
2. Demokrasi dengan sistem referendum (pengawasan langsung oleh rakyat), yaitu tugas badan legislatif selalu dalam pengawasan rakyat. Hal ini pengawasannya dilaksanakan dalam bewntuk kontan suara langsung oleh rakyat tanpa melalui badan legislatif.

Referendum ada 2 jenis, yaitu:
1. Referendum obligator, yaitu referendum yang menentukan berlakunya suatu UU atau peraturan itu baru dapat berlaku apabila mendapat persetujuan semua rakyat.
2. Referendum fakultatif, yaitu referendum yang menentukan apakah suatu UU yang sedang berlaku dapat terus dipergunakan atau tidak, tergantung pada tingkat persetujuan atau ketidaksetujuan sejumlah warga negara.

Demokrasi yang pernah berlaku di Indonesia ada beberapa macam, yaitu:
1. Demokrasi liberal/parlementer
2. Demokrasi terpimpin, yaitu suatu sistem demokrasi yang terpusat pada 1 pimpinan. Demokrasi terpimpin dimulai sejak dikeluarkannya Dekrit Presiden tgl. 5 Juli 1959.
3. Demokrasi Pancasila, yaitu suatu sistem demokrasi yang bersumber dari nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia atau nilai-nilai yang tertuang dalam nilai-nilai sila-sila Pancasila.

Sekian dulu ya kawan... semoga apa yang saya posting ini bisa bermanfaat bagi kawan semua... yang membacanya... bye...

Jangan lupa pren, baca juga yang ini dong...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar